IKAWIGA

IKAWIGA (Ikatan Alumni Widyagama Malang) Menggelar Workshop Nasional untuk Pelaku UMKM

Malang, 10 September 2023 – Ikatan Alumni Widyagama Malang (IKAWIGA) bersama dengan Forum Akuntansi, Managemen, Ekonomi (FAME) Jawa Timur dan Bank Nasional Indonesia (BNI) telah mengadakan Workshop Nasional yang bertajuk “Pelatihan Legalitas Kelembagaan, Hukum Bisnis, Digital Bisnis, dan Penyusunan Laporan Keuangan bagi UMKM.” Acara ini digelar pada Minggu (10/8) di Atria Hotel, Jalan Letjend S. Parman, Kota Malang.

Workshop nasional ini dihadiri oleh berbagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang legalitas kelembagaan, hukum bisnis, strategi digital marketing, dan penyusunan laporan keuangan. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum IKAWIGA, Muhammad Supriyadi, yang memberikan keynote speech.

Dalam paparannya, Muhammad Supriyadi menggarisbawahi peran penting UMKM dalam meningkatkan neraca ekonomi nasional. Ia menyebutkan bahwa UMKM telah menyumbang lebih dari 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp8.573 triliun per tahun dan menyerap lebih dari 97% tenaga kerja atau sekitar 116 juta orang. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas dan kapasitas pelaku UMKM menjadi prioritas nasional.

Supriyadi juga menyoroti pentingnya legalitas kelembagaan bagi UMKM dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif dan memastikan kepastian hukum. Dia mengatakan bahwa legalitas bisnis UMKM menjadi keharusan, terutama setelah diberlakukannya UU Cipta Kerja yang mengupayakan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM.

“UU Cipta Kerja memudahkan pelaku UMKM dalam banyak aspek, termasuk penyelenggaraan sistem informasi dan perizinan yang lebih efisien,” ungkap Supriyadi.

Supriyadi, bersama dengan para pembicara ahli, berkomitmen untuk mendukung peningkatan legalitas UMKM melalui pendampingan dan pelatihan. Selain itu, mereka juga akan membantu UMKM meningkatkan aspek lain seperti hukum bisnis, strategi digital marketing, dan penyusunan laporan keuangan.

Ketua FAME Jawa Timur, Dr. Ana Sopanah, memberikan pelatihan praktis tentang strategi digital marketing kepada peserta workshop. Ia menekankan bahwa digital marketing bukan hanya tentang promosi produk atau merek, tetapi juga membangun hubungan dengan pelanggan dan kesadaran merek. Ana menjelaskan konsep marketing digital, termasuk content marketing dan e-commerce, serta tiga aspek utama dalam praktiknya: traffic, konversi, dan hubungan pelanggan.

“Marketing digital adalah kunci untuk bersaing di dunia bisnis saat ini, dan kami ingin peserta workshop memahami dan mampu mengimplementasikannya,” kata Ana.

Workshop nasional ini menjadi wujud komitmen IKAWIGA, FAME Jawa Timur, dan BNI dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan dalam acara ini, diharapkan UMKM dapat tumbuh dan berkembang lebih baik dalam era bisnis digital yang semakin berkembang pesat.(san/pip)